Rabu, 10 Oktober 2012

Konsep Supercar Terbaru dari Peugeot


  • Sumber : autoblog.com | Author : -
    Peugeot Onyx, konsep supercar hibrida, mesin diesel dan motor listrik

  • Sumber : autoblog.com | Author : -
    Desain belakang Pe
 Paris, KompasOtomotif – Pada Paris Mondial de l’Automobile 2012 atau lebih dikenal dengan Paris Motor Show yang  masih berlangsung saat ini, salah satu mobil konsep yang menonjol - dijadikan sebagai pembuka halaman situs panitia - adalah Peugeot Onyx. Dari penampilan dan teknologi, mobil konsep yang satu ini sangat berbeda dibandingkan dengan yang lainnya.
Konsep Onyx tidak hanya diperagakan Peugeot melalui supersport car hybrid masa depan, juga skuter hibrida tiga roda yang berujud separo skuter dan separo sepeda motor.

Kedua kendaraan tampil dengan materi dan warna yang sama, kombinasi tembaga mengilap dan serat karbon hitam. Sebenarnya, Peugeot membuat satu lagi kendaraan dari material yang sama, yaitu sepeda.
Mobil
Peugeot menyebut mobil konsep ini sebagai supercar hibrida masa depan karena bodinya dibuat dari serat karbon sehingga bobot menjadi ringan. Ciri khas yang menarik adalah material dan warna  bodinya yang kontras:tembaga murni mengilap di sayap dan pintu, serat karbon hitam pada panel bodi lainnya.

“Onyx dengan kemampuan supercar, dirancang dengan garis aerodinamika esktrem. Sosoknya, unik, mirip hasil ketrampilan seorang pemahat,” jelas Gilles Vidal, Peugeot Style Director.

Wajah mobil ini menyodorkan gril garis-garis harisontal dengan lampu depan, LED tirus. Komposisi tersebut menghasilkan bidang permukaan depan yang kecil sehingga nilai aerodinamika semakin baik, yaitu 0,30. Di samping itu, udara yang menghantam moncong mobil, diarahkan ke bagian berlubang pada  air dam di kanan-kiri. Selanjutnya, sebagian diarah ke jantung mobil, sisanya ke sisi  bodi menuju mesin yang berada di tengah.

Lampu belakang dirancang dengan bentuk tiga cakar – kini menjadi ciri khas Peugeot – dilengkapi dengan  spoiler kecil yang mengarahkan udara ke atas, juga membuat cd Onyx semakin baik..

"Double-bubble"
Untuk atap,  konsep desainnya sama denganRCZ yang disebut Peugeot dengan istilah “double-bubble”. Khusus pada Onyx, kaca yang juga berfungsi sebagai atap dibuat dari PolyMethyl MethAcrylate (PMMA).

“Siluet Onyx bergerak lembut, sensual, hidup dan teknologis. Dari sket pertama, saya ingin menciptakan tempat bagus untuk teknologi yang hebat. Mobil ini menggabungkan performa dan aerodinamika. Lampu Black Diamond dan panel bodi tembaga yang dibentuk dari hasil ketrampilan tangan,” cerita  Sandeep Bhambra, Onyx Exterior Stylist Peugeot.

Bodi
Struktur sasis dibuat dari karbon monolotik  dan hanya terdiri dari 12 bagian atau komponen. Kaki-kaki pada sasis belakang dan depan dibuat menyatu dan tidak lagi menggunakan pelat penghubung. Alhasil, bodi tetap kokoh berkurang 100 kg.

Mobil dengan panjang 4,65 meter, lebar 2,20mm, tinggi 1,13 meter ini, bobot hanya 1.100 kg. Alhasil, dengan menggunakan mesin 3,7 liter, V8 HDi FAP yang dibautkan ke sel bodi, perbandingan bobot dan tenaga tidak sampai 2:1. Pasalnya, mesin menghasilkan tenaga 600 PS yang dipindahkan ke roda belakang melalui transmisi sekuensial 6-percepatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money