Jumat, 19 Oktober 2012

Toyota Yaris E M/T 2007, Menjadi Raja di Jogja


Meskipun rangkaian event tahunan Yaris Show Off (YSO) 2012 mengusung tema sporty & trendsetter, namun Teguh Hambudi bersama Toyota Yaris E manual-nya yakin dapat membuktikan diri sebagai raja di region Yogyakarta, meski dirinya tinggal di Jakarta.

Pria yang akrab disapa Teguh ini memang sengaja pulang kampung, sekadar untuk bisa turun di ajang bergengsi kalangan pencinta hatchback Toyota itu. "Memang baru kali ini dimodifikasi untuk diturunkan di ajang kompetisi, dan kebetulan bisa langsung menang di beberapa kategori termasuk menjadi the best (King) YSO region Yogyakarta 2012," ungkap lulusan fakultas psikologi UGM, Yogyakarta ini.

Formula modifikasi yang menggabungkan unsur performa, tampilan serta gadget ini pun diyakininya mampu menarik simpati para juri. Ubahan sektor mesin yang diimbangi upgrade di sektor kaki serta pemasangan custom body kit, menjadi acuan utama buat menampilkan aksen sporty yang dominan.

Tak luput menyematkan atribut fungsional pada kabin seperti jok Recaro Tomcat special edition berikut safety belt OMP 4 point, termasuk peranti racing lainnya macam shift knob serta panel karbon di beberapa bagian interior.

Ubahan dapur pacu pun tergolong apik dan cukup signifikan mendongkrak tenaga mesin 1NZ-FE bawaan Yaris. Menurut Renaldo Gunawan, rekan di TYCI yang menjadi eksekutor pada keseluruhan modifikasi mobil ini, aspek sporty juga diwujudkan dengan meningkatkan power maksimum mobil di atas rata-rata.

Memang kalau dilihat dari spesifikasi ubahan pada mesin kapasitas 1.500 cc Yaris ini, modifikasi yang diterapkan cukup ekstrem buat harian. Seperti memasang turbo TD-04 berikut intercooler dari Zage, diimbangi pemakaian piggyback Dastek Unichip serta Dastek turbo module.

Supaya asupan bahan bakar lebih sempurna, porting-polish pun dilakukan pada saluran intake maupun exhaust. Serta mengganti piping turbo berbahan alumunium agar bobot kendaraan tak berlebihan.

Alhasil dari kondisi standar yang hanya bertenaga 107,51 dk (109 PS), kini dapat dilecut sampai 40 dk dengan setelan boost 0,4 bar buat harian.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money